Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus: Klinik Pratama Dokter Erna)

AL HAFIZ, - (2022) USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus: Klinik Pratama Dokter Erna). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV DAN V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN BAB V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus: Klinik Pratama Dokter Erna) Oleh : AL HAFIZ Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas KM. 15 No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Kepuasan pasien adalah sejauh mana persepsi pasien timbul dari kinerja pelayanan medis yang diterima pasien dalam kaitannya dengan apa yang dirasakan. Klinik utama Dokterr Erna terletak di Jalan Tengku Bey, Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau. Kunjungan pasien ke Klink Pratama Dokter Erna sejak Desember 2020 hingga November 2021 mengalami penurunan. Penurunan terjadi karena sulitnya parkir di klinik, serta antrian panjang selama prosedur administrasi, yang membuat pasien enggan kembali untuk pemeriksaan dan perawatan kesehatan. Hasil penyebaran kuesioner pendahuluan kepada pasien, indikator yang paling tinggi terdapat pada pernyataan pertama, yaitu 30 yang menyatakan “Tidak Setuju” bahwa Klinik Memiliki Tempat Parkir yang Luas. Pada pernyataan ketiga, didapatkan 25 yang menyatakan “Tidak Setuju” dengan pernyataan Antrian Masuk dan Antrian Pengambilan Obat Di Klinik Kurang Dari 10 Menit, Pada pernyataan keempat, 15 menyatakan “Tidak Setuju” dengan pernyataan Lingkungan Di Sekitar Klinik Terasa Nyaman dan Tentram. Oleh karena itu, sangat diperlukan peningkatan kualitas pelayanan klinik Pratama Dokter Erna. Penelitian ini menggunakan pendekatan Servqual and Quality Function Deployment (QFD) untuk menentukan atribut layanan mana yang perlu ditingkatkan. Dari 19 atribut pelayanan, 11 atribut pelayanan bernilai “positif” sedangkan 8 atribut pelayanan bernilai “negatif”. Dan usulan perbaikan yang akan dilakukan yaitu penambahan tempat duduk diruang tunggu, penambahan lahan parkir, melakukan pembersihkan klinik secara rutin setiap minggu, diklat costumer care (CC), diklat asisten apoteker (AA), memberikan edukasi kepada pasien tentang layanan yang diberikan, penambahan SOP dan pembuatan visual display “mencuci tangan sebelum memulai pekerjaan”. Kata kunci: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Quality Function Deployment, Servqual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 01 Dec 2022 03:06
Last Modified: 01 Dec 2022 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64369

Actions (login required)

View Item View Item