Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PAKET DATA DI TINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

FIKRI HUALA YUNUS HASIBUAN, - (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PAKET DATA DI TINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIKRI HUALA YUNUS HASIBUAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fikri Huala Yunus Hsb (2022): “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Paket Data Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Syariah”. Kuota dalam paket adalah batasan paket yang diberikan operator yang mana pelanggan dapat menggunakannya untuk akses internet. Kuota dalam paket ini umumnya benar-benar batasan kita untuk dapat mengakses internet. Kartu paket data untuk sekarang ini banyak dan mempunyai keunggulan masing-masing sehingga seorang konsumen mempunyai keleluasaan untuk memilih merek sesuai dengan keinginannya. Dalam membeli kartu kuota internet akan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang datang dari unit usaha yang mana bisa dikendalikan oleh unit usaha itu sendiri. Faktor-faktor tersebut adalah kualitas produk, harga, dan promosi. maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi mahasiswa terhadap keputusan pembelian kartu paket data dan untuk mengetahui bagaimana menurut tinjauan ekonomi syari’ah terhadap keputusan pembelian kartu paket data. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk mendapatkan data primer penulis menggnakan pengumpulan data dengan penyebaran angket. Adapun metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisa deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah dan Hukum angkatan 2018 berjumlah 240 orang. Sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 72 orang mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa faktor paling dominan yang menjadi bahan pertimbangan oleh mahasiswa jurusan ekonomi syariah terhadap keputusan pembelian kartu paket adalah faktor produk berupa jaringan 4G. Sementara itu, faktor yang paling tidak dipertimbangkan oleh mahasiswa adalah faktor Promosi. Dalam kaitannya dengan prinsip ekonomi Islam, keputusan mahasiswa ekonomi syariah angkatan 2018 dalam membeli kartu paket data intenet sudah sesuai dengan prinsip syariah Islam. Sikap mahasiswa yang cenderung untuk menggunakan harga sebagai indikator kualitas atau kepuasan potensial dari suatu produk. Hal ini menunjukkan bahwa sikap mahasiswa ekonomi syariah angkatan 2018 telah telah selektif dalam memenuhi kebutuhannya dan didasarkan atas rasionalitas yang mengintegrasikan keyakinan kepada kebenaran. Kata kunci: Kartu Paket Data, Keputusan Pembelian, Ekonomi Syari’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:36
Last Modified: 28 Nov 2022 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64333

Actions (login required)

View Item View Item