ANSOR, - (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA SMP NEGERI DI KABUPATEN KAMPAR. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DISERTASI ANSOR.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ansor (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Problem Basaed Learning Pada SMP Negeri Di Kabupaten Kampar Dalam belajar pendidikan agama Islam materi akidah akhlak peserta didik kurang aktifdan masih mengalami kesulitan dalam memahami materi yang bersifat abstrak. Bahan ajar yang digunakan, dalam mengajarkan materi akidah belum berdasarkan kepada masalah nyata. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar berupa modul yang berbasis masalah dan meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materiakidah yaitu berbasis problem based learning (PBL). Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan modul pendidikan agama Islam materi akidah akhlak berbasis problem based learning PBL untuk mememudahkan peserta didik dalam memahami materi akidah yang bersifat abstrak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi,dan evaluasi. Hasil penelitian ini adalah: pada tahap analisis diperoleh hasil pentingnya mengembangkan modul pendidikan agama Islam materi akidah akhlak berbasis problem-based learning PBL untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi akidah. pada tahap desain, menyusun kerangka dan materi modul dengan langkah-langkah PBL yaitu: menyajikan, mendeskripsikan danmemecahkan masalah, menyajikan hasil dan kesimpulan, serta menyusun instrumen. Pada tahap pengembangan, produk dikembangkan dan diuji melaluvalidasi ahli, diperoleh hasil sebesar 89,716% (sangat valid). Tahap implementasi dilakukan uji coba dengan penilaian guru sebesar 91,333% (sangat praktis) dan penilaian siswa sebesar 89% (sangat valid). Tahap evaluasi dilakukan untuk menilai produk, diperoleh hasil bahwa produk valid dan praktis digunakan sertadapat meningkatkan meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi akidah dalam kategori baik. Peserta didik tertarik mempelajari modul dan terbantu dalam memahami materi akidah yang dihubungkan dengan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya adalah Modul pendidikan agama Islam materi akidah akhlak berbasis problem-based learning PBL telah valid, praktis dandapat meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik terhadap materi akidah. Dalam penggunaan modul disarankan untuk memotivasi peserta didik dan memberikan penjelasan materi dengan langkah-langkah PBL Kata Kunci: Pengembangan, Modul Akidah Akhlak, PBL
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 07:06 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 07:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64322 |
Actions (login required)
View Item |