Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PADA TRAVEL PT. SUNGAI PINANG JAYA BERSAUDARA DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH

NURUL KHAIRUNA AZRA, - (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PADA TRAVEL PT. SUNGAI PINANG JAYA BERSAUDARA DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL KHAIRUNA AZRA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Khairuna Azra (2022): Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Pada Travel PT. Sungai Pinang Jaya Bersaudara Ditinjau Menurut Ekonomi Syari’ah Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreatif dan inovatif manusia dalam menciptakan bisnis baru, salah satunya bisnis yang menyediakan jasa transportasi. Salah satu usaha yang bergerak dibidang transportasi yaitu PT. Sungai Pinang Jaya Bersaudara dengan pelayanan yang diberikan kepada penumpang seperti pemesanan lewat telefon, memberikan tiket, antar-jemput penumpang serta memberikan minum kepada penumpang. Namun demikian, masih ada penumpang yang merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang pada Travel PT. Sungai Pinang Jaya Bersaudara dan bagaimana tinjauan ekonomi Syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah populasi yaitu 660 penumpang dan sampel yang digunakan sebanyak 87 orang penumpang Travel PT. Sungai Pinang Jaya Bersaudara yang diambil berdasarkan rumus slovin dengan teknik accidental sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik dan regresi linear sederhana dengan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian berdasarkan uji t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang dengan nilai siginifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,486. Hal ini menunjukkan bahwa variabel dependen kepuasan pelanggan sebesar 48,6% dipengaruhi varibael independen kualitas pelayanan, sedangkan 51,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini. Dalam perspektif ekonomi Islam, kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang telah sesuai dengan prinsip syariah yaitu ta’awun, at-taysir, musawah, muhabbah, al-layin, dan ukhuwah. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Penumpang, Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:13
Last Modified: 23 Nov 2022 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64308

Actions (login required)

View Item View Item