Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PUTUSAN HAKIM PENGADILAN AGAMA PEKANBARU NO. 0478/Pdt.G/2018/PA.Pbr. TENTANG ALASAN PERCERAIAN AKIBAT MARITAL RAPE DITINJAU DALAM HUKUM ISLAM

MUTIARA WULANDARI, - (2022) ANALISIS PUTUSAN HAKIM PENGADILAN AGAMA PEKANBARU NO. 0478/Pdt.G/2018/PA.Pbr. TENTANG ALASAN PERCERAIAN AKIBAT MARITAL RAPE DITINJAU DALAM HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUTIARA WULANDARI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mutiara Wulandari (2022) : Analisis Putusan Hakim Pengadilan Agama Pekanbaru Nomor 0478/Pdt.G/2018/Pa.Pbr. Tentang Alasan Perceraian Akibat Marital Rape Ditinjau Dalam Hukum Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh surat keputusan yang dikeluarkan oleh Pengadilan Agama Pekanbaru No. 0478/Pdt.G/2018/PA.Pbr. tentang perceraian akibat marital rape. Marital rape di definisikan sebagai pemaksaan dalam melakukan hubungan seksual, marital rape terjadi di dalam perkawinan yang umumnya dilakukan oleh suami terhadap istrinya. Perkosaan terjadi karena adanya pemaksaan, pemaksaan termasuk kedalam kekerasan seksual menurut Undang-Undang No. 23 tahun 2004 pada pasal 5 dan pasal 8. Perkosaan tidak hanya terjadi di luar perkawinan tetapi bisa terjadi di dalam perkawinan. Perkosaaan dalam perkawinan termasuk kedalam jenis perkosaan exploination rape yaitu pelaku mengambil keuntungan dengan posisi yang didapatkannya, dimana pelaku melakukan perkosaan kepada wanita yang bergantung padanya baik secara ekonomi ataupun secara sosial. Skripi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara ini dan juga dilihat dari segi perspektif hukum islam terhadap putusan tersebut. Dalam pembuatan skripsi ini penulis menggunakan jenis penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan metode penelitian normatif. Penelitian ini menggunakan teknik Content Analysis atau analisis isi yaitu menarik kesimpulan dari sebuah dokumen sehingga dapat dijabarkan masalah dari suatu penelitian tersebut. Data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh dengan megkaji Putusan hakim No. 0478/Pdt.G/2018/PA.Pbr. dan juga literatur pustaka meliputi buku-buku teks, jurnal, dokumen-dokumen dan peraturan-peraturan yang berkenaan dengan permasalahan yang terkait untuk diteliti. Dari penelitian ini dapat peneliti simpulkan, bahwa di dalam al-Qur’an surah an-Nisa ayat 19 sudah dijelaskan untuk mempergauli istri dengan cara yang ma’ruf. Selama tidak ada uzur syar’i maka istri wajib taat dan patuh kepada suami. Pertimbangan hakim dalam surat keputusan Pengadilan Agama Pekanbaru No. 0478/Pdt.G/2018/PA.Pbr. adalah benar bahwa suami telah melakukan pemaksaan berhubungan seksual terhadap istrinya ketika istri dalam keadaan haid maupun tidak. Hal inilah salah satu yang menjadi ketidak harmonisan dalam rumah tangga antara suami dan istri yang menyebabkan perselisihan dan pertengkaran secara terus menerus sehingga tidak ada kerukunan lagi di dalam rumah tangga antara suami (Tergugat) dan istri (Penggugat), sehingga sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1975 Pasal 19 huruf (f) dan Kompilasi Hukum Islam (KHI) pasal 116 huruf (f). Kata Kunci: Marital Rape, Perceraian, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:15
Last Modified: 14 Nov 2022 08:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64210

Actions (login required)

View Item View Item