Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Di Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru.

ADRINA ROHMATUL MUYASSAROH, - (2022) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Di Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Adrina Rohmatul Muyassaroh (2020): Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Di Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Pekanbaru merupakan salah satu sarana pendidikan yang memegang peranan penting dalam menciptakan generasi bangsa yang cerdas. Oleh karena itu, madrasah dituntut untuk memiliki guru yang memiliki kinerja baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Di Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru Penelitian ini dilakukan pada guru di Madrasah Di Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan daftar wawancara. Sedangkan untuk menganalisis data, maka digunakan deskriptif kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Seorang kepala sekolah yang baik dalam kepemimpinannya adalah yang memiliki beberapa kemampuan, seperti: 1) Keberagaman Pesantren Nurul Huda Al-Islami Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru, dapat dilhat dari berbagai suku bangsa, dan adat istiadat serta kelompok atau golongan ustadz dan santri, keragaman santri sudah mulai terlihat pada saat penerimaan santri, yang tidak dibatasi daerah, maupun suku bangsa. 2) Wujud Toleransi dalam proses pembelajaran pada Pesantren Nurul Huda Al-Islami dapat dlihat dari berbagai kegiatan pembelajaran dan juga pada saat santri berada di asrama. Pada saat pendidikan berlangsung, santri diberikan hak dan tanggung jawab yang sama untuk memperoleh pendidikan dari para ustadz. Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran tertentu menggunakan metode diskusi. 3) Bentuk toleransi terhadap penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural sudah terlaksana atau terimplementasikan dengan baik pada pesantren Nurul Huda Al-Islami Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari berbagai dimensi nilai-nilai pendidikan kultural, seperti: 1) Nilai Andragogi. 2) Nilai perdamaian. 3) Nilai Inklusivisme (Keterbukaan), 4) Nilai Kearifan Dalam Islam, 5) Nilai Toleransi 6) Nilai Humanisme 7) Nilai Kebebasan. Berdasarkan pada hasil penelitian, maka Madrasah Di Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Pekanbaru harus mampu untuk memberikan pelatihan terhadap para guru dalam rangka menerapkan Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Di Pondok Pesantren. Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Di Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:59
Last Modified: 07 Nov 2022 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64153

Actions (login required)

View Item View Item