Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN KURSUS CALON PENGANTIN (SUSCATIN) UNTUK MEMINIMALISIR PERCERAIAN DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

ARIZA, - (2022) PELAKSANAAN KURSUS CALON PENGANTIN (SUSCATIN) UNTUK MEMINIMALISIR PERCERAIAN DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ariza (2022) : “Pelaksanaan Kursus Calon Pengantin (Suscatin) untuk Meminimalisir Perceraian di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar”. Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan kursus calon pengantin untuk meminimalisir perceraian dikantor urusan agama kecamatan tambang. dalam hal ini KUA tambang berperan penting dalam pelaksanaan kegiatan kursus calon pengantin dalam wilayahnya,agar calon pengantin mempunyai wawasan lebih tentang kehidupan berumah tangga dalam mengwujudkan kelurga sakinah dalam mengurangi angka perceraian serta kekerasan dalam rumah tangga. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana Pelaksanaan Kursus Calon Pengantin (Suscatin) Untuk Meminimalisir Perceraian Di KUA Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dan Bagaimana upaya meminimalisir angka perceraian dengan pelaksanaan kursus calon pengantin (Suscatin) Di KUA Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan angket.populasi dalam penelitian berjumlah 431 peneliti mengambil sampel berjumlah 40 orang dengan mengunakan random sampling. Hasil dari penelitian pertama kursus calon pengantin merupakan suatu pemberian bekal pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam waktu singkat kepada calon pengantin dalam kehidupan rumah tangga dengan dasar hukum pelaturan Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Nomor: DJ.II/491 2009 dan Nomor: DJ.II/542 tahun 2013, serta Keputusan DJ BIMAS Islam No:373 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Teknis Bimbingan Calon pengantin.kedua peran kursus calon pengantin guna untuk meminimalisirkan perceraian sangatlah besar. Karena itulah pihak pemerintah membuat pelaturan tentang kursus calon pengantin ini. pemerintah sangat mengharapkan setiap keluarga bisa hidup rukun sakinah, mawaddah dan warahmah, tentunya terhindar dari perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga. Kata kunci: Kursus Calon Pengantin, Suscatin, Perceraian, KUA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Oct 2022 04:38
Last Modified: 14 Oct 2022 04:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63874

Actions (login required)

View Item View Item