Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Perlindungan Hukum terhadap Hak Narapidana Wanita Hamil Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Pekanbaru.

EZI GUSTIRA, - (2022) Perlindungan Hukum terhadap Hak Narapidana Wanita Hamil Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK EZI GUSTIRA (2022) : Perlindungan Hukum terhadap Hak Narapidana Wanita Hamil Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Pekanbaru. Negara Indonesia merupakan negara hukum. Hukum merupakan sesuatu yang sangat penting untuk mengatur dan menjamin hak dan kewajiban seseorang. Perlindungan hukum adalah memberikan perlindungan terhadap hak asasi manusia yang dirugikan orang lain dan perlindungan itu diberikan kepada masyarakat agar dapat menikmati semua hak-hak yang diberikan oleh hukum. Wanita dan laki-laki mempunyai hak yang sama dihadapan hukum. Narapidana wanita hamil yang sedang menjalani masa pidananya di dalam Lembaga Pemasyarakatan merupakan bagian dari masyarakat, selaku manusia ia mempunyai hak-hak yang wajib dijunjung tinggi dan dilindungi oleh hukum dan pemerintah serta kewajiban yang harus dilakukan. Narapidana wanita merupakan terpidana yang hilang kemerdekaan yang menjalani pembinaan dalam sistem pemasyarakatan di Indonesia. Sistem pemasyarakatan merupakan upaya pembinaan yang dilakukan di Lembaga pemasyarakatan di Indonesia, pembinaan tersebut ditujukan bagi warga binaan yang melakukan tindak pidana dan di jatuhi hukuman penjara. Dalam proses pembinaan tersebut warga binaan diayomi dan dibina oleh petugas pemasyarakatan dan dilindungi hak-haknya sebagai warga negara. Dari latar belakang diatas, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap hak-hak narapidana wanita hamil di lembaga pemasyarakatan serta hambatan pihak lapas terhadap hak-hak wanita hamil di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum sosiologis. Teknik pengumpulan data didapati langsung melalui responden atau narasumber. Sumber hukum primer dan sekunder dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya perhatian pihak Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Pekanbaru pada perlindungan hukum terhadap hak narapidana wanita hamil. Hal inilah yang menyebab kurangnya perlindungan hukum terhadap narapidana wanita hamil, salah satunya tidak terpenuhi hak wanita hamil dan terkait hambatan lembaga pemasyarakatan perempuan terhadap pemberian hak narapidana wanita hamil yaitu kurangnya keterbatasan petugas wanita yang mempengaruhi proses pemberian hak, keterbatasan tenaga kesehatan dalam merawat ibu hamil dan janinnya dan keterbatasan pemasukan dana dari pemerintah sehingga menyebabkan keragaman dalam proses pelaksanaan hak. Kata Kunci :Perlindungan Hukum, Narapidana Wanita Hamil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Oct 2022 04:45
Last Modified: 13 Oct 2022 04:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63866

Actions (login required)

View Item View Item