ENDAH DWI WAHYUNI, - (2022) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMAN 1 TEMBILAHAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMAN 1 TEMBILAHAN HULU Oleh: Endah Dwi Wahyuni Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Email: endahdwiw99@gmail.com ABSTRAK Kemandirian belajar yang rendah dapat menyebabkan kebiasaan belajar yang buruk, seperti mengandalkan teman dalam menyelesaikan tugas, meniru pekerjaan teman dan tidak berani mengambil resiko dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Kepercayaan diri dan dukungan sosial merupakan variabel yang dapat meningkatkan kemandirian belajar. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepercayaan diri dan dukungan sosial dengan kemandirian belajar. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 274 siswa SMAN 1 Tembilahan Hulu dengan dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kemandirian belajar (Steinberg, 2002), kepercayaan diri (Lauster, 2003) dan dukungan sosial (House, 1985). Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,358 dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima yang berarti ada hubungan kepercayaan diri dan dukungan sosial dengan kemandirian belajar siswa SMAN 1 Tembilahan Hulu. Kata Kunci: Kemandirian Belajar; Kepercayaan Diri; Dukungan Sosial; Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 04:37 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 04:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63774 |
Actions (login required)
View Item |