Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Cashback pada Jual Beli Online di Jalan Cipta Karya, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru Menurut Tinjauan Fikih Muamalah”

Nadia Farazilla, - (2022) Cashback pada Jual Beli Online di Jalan Cipta Karya, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru Menurut Tinjauan Fikih Muamalah”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAM SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)

Abstract

ABSTRAK Nadia Farazilla, (2020) : “Cashback pada Jual Beli Online di Jalan Cipta Karya, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru Menurut Tinjauan Fikih Muamalah” Penulis skripsi ini dilatarbelakangi oleh pemberian sistem cashback pada jual beli online di Jl. Cipta Karya, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru. Di era perkembangan zaman yang semakin pesat tentunya berkembang pula dan banyak bermunculan praktik-praktik muamalah atau bisa juga disebut dengan fikih muamalah kontemporer. Salah satunya adalah sistem cashback pada transaksi jual beli online, yang mana cashback berupa hadiah uang kembali yang diberikan penjual kepada pembeli karena telah memenuhi persyaratan pembelian. Dari penjelasan diatas penjual ingin mengambil mashlahah dari sistem cashback tersebut. Maslahah adalah sesuatu yang mendatangkan manfaat dan menolak kemudaratan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemberian cashback pada transaksi jual beli online di Jl. Cipta Karya dan untuk cashback yang diterapkan di Jl. Cipta Karya menurut tinjauan fikih muamalah. Dalam penelitian ini metode yang dipakai adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 7 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 7 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara secara langsung dengan pemilik toko dan sumber data sekunder diperoleh dari dari buku-buku, majalah, karya ilmiah dan dari dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini bersifat analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem cashback mendatangkan maslahah bagi penjual dan pembeli. Sehingga sistem cashback boleh dilakukan dalam fikih muamalah, karena cashback merupakan strategi marketing penjual untuk menarik pelanggan agar sering berbelanja dan pelanggan menjadi senang karena adanya potongan harga saat melakukan transaksi berikutnya. Kata kunci: Cashback, Maslahah , Fikih Muamalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:46
Last Modified: 03 Oct 2022 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63762

Actions (login required)

View Item View Item