Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEWARISAN DZAWIL ARHAM BERSAMA ASHABUL FURUDH (Analisis Terhadap Putusan Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung No. 4/Pdt.G/2020/PTA.BB)

HUSNUL KHOTIMAH, - (2022) PEWARISAN DZAWIL ARHAM BERSAMA ASHABUL FURUDH (Analisis Terhadap Putusan Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung No. 4/Pdt.G/2020/PTA.BB). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh putusan Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung No.4/Pdt.G/2020/PTA.BB memutuskan perkara warisan, yang mana di dalam putusan tersebut memutuskan bahwa ahli waris dzawil arham mendapatkan bagian dari harta warisan ketika dia bersama ahli waris dzawil furudh. Padahal ketentuan dzawil arham mendapatkan harta warisan dari pewaris ketika ahli waris ashabul furud dan ashabah tidak ada. Tesis ini merupakan hasil penelitian yang berjudul “Pewarisan Dzawil Arham bersama Ashabul Furudh (Analisis Terhadap Putusan Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung No.4/Pdt.G/2020/PTA.BB)”. Penelitian ini bertujuan untuk: a) menjelaskan hasil putusan Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung No. 4/Pdt.G/2020/PTA.BB tentang Pewarisan Dzawil Arham bersama Ashabul Furud. b) mengetahui alasan hakim Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung dalam memutuskan perkara No. 4/Pdt.G/2020/PTA.BB tentang Pewarisan Dzawil Arham bersama Ashabul Furud. c) menganalisis putusan Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung No. 4/Pdt.G/2020/PTA.BB tentang Pewarisan Dzawil Arham bersama Ashabul Furud. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatatif dengan dengan memakai jenis pendekatan penelitian studi kasus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian lapangan (field research), yaitu meneliti kasus di Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung dengan putusan No. 4/Pdt.G2020/PTA.BB. Sumber data diambil dari buku dan literartur yang berkaitan dengan permasalahan dalam penelitian. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan metode pengkajian dokumen dan analisis isi. Analisis data menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa putusan majelis hakim Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung pada perkara No.4/Pdt.G/2020/PTA. BB memutuskan bahwa ahli waris dzawil arham tetap mendapatkan harta warisan walaupun ketika bersama ahli waris dzawil furudh. Adapun bagian dari masingmasing harta warisan ahli waris yakni dzawil furudh dan dzawil arham adalah sama-sama mendapatkan 2/6 bagian dan pembagian ini berdasarkan rad. Selanjutnya alasan hakim Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung dalam memutuskan perkara No.4/Pdt.G/2020/PTA.BB tentang pewarisan dzawil arham bersama ashabul furud yakni berdasarkan azas keadilan berimbang yakni antara laki-laki dan perempuan mendapatkan hak yang sama dalam pembagian harta warisan. Tidak hanya itu, alasan majelis hakim dalam menetapkan bagian harta warisan kepada kakek dari sebelah ibu yakni ahli waris dzawil arham, mendapatkan harta warisan disebabkan semasa hiddupnya yakni pewaris tinggal bersama kakek dari pihak ibu disamping kedua orang tuanya. Selain itu hakim juga beralasan bahwa pewaris dan ahli waris memiliki kedekatan dan kekerabatan. Oleh sebab itu majelis hakim Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung memberikan bagian kepada ahli waris dzawil arham. Kata Kunci : Warisan, Dzawil Arham, Ashabul Furudh

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:42
Last Modified: 27 Sep 2022 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63736

Actions (login required)

View Item View Item