AINUL MARDIAH SIREGAR, - (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI PONDOK PESANTREN BAITUR RAHMAN KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA PROVINSI SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Ainul Mardiah Siregar, (2022): Analisis Implementasi Sikap Percaya Diri Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di Pondok Pesantren Baitur Rahman Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Sikap Percaya Diri Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di Pondok Pesantren Baitur Rahman Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah analisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah adalah siswa kelas XI di Pondok Pesantren Baiturrahman, Parau Sorat, Batang Onang, Padang Lawas Utara, Sumatera Utara. Sedangkan objek dalam penelitian adalah Implementasi Sikap Percaya Diri Siswa. Informan kunci pada penelitian ini adalah siswa dari kelas XI yang berjumlah 76 orang, sedangkan informan tambahan adalah guru ekonomi kelas XI yang berjumlah 1 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa implementasi sikap percaya diri siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI sebanyak 76 siswa di Pondok Pesantren Baitur Rahman memiliki persentase 88,86% terkait implementasi sikap percaya diri siswa, dengan indikator keyakinan kemampuan diri yaitu: siswa bersungguh-sungguh dalam belajar dan berpendapat/melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu, indikator optimis yaitu: siswa berani unjuk diri, berani bertanya dan berani menjawab, indikator objektif yaitu: siswa tidak berpatokan pada satu pendapat dan dapat menerima pendapat siswa lainnya, indikator bertanggung jawab yaitu: siswa mendengarkan penjelasan guru, mengerjakan pekerjaan rumah dan menyerahkan tugas tepat waktu, indikator rasional dan realistis yaitu: siswa mampu menahan emosi di kelas, bergaul dengan baik dalam lingkungan sosial kelas dan merasa kecewa ketika gagal ujian. Kata Kunci: Analisis, Implementasi, Sikap Percaya Diri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 08:04 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 08:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63681 |
Actions (login required)
View Item |