Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

ZIKRATUL HASANAH, - (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZIKRATUL HASANAH.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zikratul Hasanah, 11811021227 : “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Sistem Peredaran darah Manusia.” Skripsi, Program Studi Tadris IPA. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negrei Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran IPA di MT s Penyaswan, guru masih berfokus pada penguasaan materi dan jarang menggunakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk melakukan pengamatan secara langsung melalui kegiatan penyelidikan. Hal ini menyebabkan kurang dibekalinya peserta didik dalam memecahkan suatu persoalan sehingga keterampilan proses sains siswa masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem peredaran darah pada manusia di MTs M Penyasawan. Metode pada penelitian ini adalah menggunakan desain Quasi Experimental Design yaitu melibatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs M Penyasawan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan Blended Learning dan kelas VIII D sebagai kelas konrol. Data dikumpulkan melalui soal tes uraian dan lembar observasi. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji t test dengan bantuan SPSS versi 24 dan lembar observasi menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 24 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < signifikansi alpha 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem peredaran darah manusia dikelas VIII MTs M Penyasawan. Kata Kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Proses sains Siswa, Sistem Peredaran Darah Pada Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:18
Last Modified: 12 Sep 2022 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63670

Actions (login required)

View Item View Item