Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA YLPI (YAYASAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM) PEKANBARU

MHD. SAHRONI. LUBIS, - (2022) PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA YLPI (YAYASAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM) PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MHD SAHRONI LUBIS.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mhd Sahroni Lubis, (2022): Penerapan manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di SMA YLPI Pekanbaru Skripsi ini membahas tentang penerapan manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan. Lembaga pendidikan di tuntun untuk mewujudkan lembaga pendidikan bermutu, untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang bermutu tersebut di perlukan manajemen di dalamnya, terutama manajemen kurikulum karena bidang garapannya yang meliputi perenanaan, pelaksanaan dan evaluasi sehingga dengan begitu maka akan menghasilkan lulusan yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di SMA YLPI Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan manajemen kurikulum di SMA YLPI serta apa saja faktor yang mempengaruhi keberhasilan manajemen kurikulum di SMA YLPI Pekanbaru? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yakni kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan guru. Informan dalam penelitian ini yakni kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA YLPI Pekanbaru sudah dapat dikatakan berkesinambungan dengan menggunakan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun faktor pendukung manajemen kurikulum antara lain: faktor peserta didik,. faktor sosial, faktor politik, faktor ekonomi, faktor perkembangan teknologi sedangkan hambatan yang terjadi dalam manajemen kurikulum antara lain: ketidaksinambungan antara pendidik di lapangan dengen pendidik yang memberikan kebijakan di atasnya, keterbatasan sarana prasarana. lemahnya pengawasan guru di lapangan sehingga kedisiplinan siswa rendah. dan kualifikasi pendidikan guru yang tidak sesuai dengan bidangnya Kata Kunci: Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA YLPI Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:35
Last Modified: 09 Sep 2022 04:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63667

Actions (login required)

View Item View Item