RIZKI SAPUTRA, - (2022) ANALISIS TINDAK TUTUR DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL RANTAU SATU MUARA KARYA AHMAD FUADI PENDEKATAN PRAGMATIK DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
RIZKI SAPUTRA (2022) : ANALISIS TINDAK TUTUR DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL RANTAU SATU MUARA KARYA AHMAD FUADI PENDEKATAN PRAGMATIK DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis tindak tutur dan nilai pendidikan pada novel Rantau Satu Muara serta mendeskripsikan relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode content analysis atau analisis isi. Metode content analysis atau analisis isi yang digunakan dalam penelitian ini untuk menelaah isi dari novel Rantau Satu Muara karya Ahmad Fuadi. Pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat, dengan langkah-langkah diantaranya: (1) Membaca secara berulang-ulang teks yang terdapat pada novel, (2) Menentukan dialog yang ada hubungannya dengan tindak tutur dan nilai pendidikan yang terdapat pada novel, (3) Mencatat dialog yang ada hubungannya dengan tindak tutur dan nilai pendidikan. Setelah data terkumpul, selanjutnya data dianalisis dengan metode pendekatan pragmatik sehingga diperoleh deskripsi tentang tindak tutur yang digunakan dan nilai pendidikannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 46 episode yang terdapat dalam novel Rantau Satu Muara terdapat 42 tindak tutur lokusi, 51 tindak tutur ilokusi, dan 39 tindak tutur perlokusi. Dalam novel Rantau Satu Muara juga terdapat Nilai pendidikan yang dibuktikan dengan nilai pendidikan agama atau religius: (1). bersyukur, (2). Beristighfar, (3). Berdoa, (4). Shalat, (5). Allah Maha Mendengar, (6). Allah Maha Membukakan Rezeki, (7). kematian, (8). Allah Maha tahu. Pendidikan moral mencakupi : (1). Berbakti, (2). percaya diri, (3). rendah hati, (4). solidaritas, (5). ikhlas, (6). tidak plinplan, (7). berlomba-lomba menuju kebaikan, (8). khusnudzon, (9). bersungguh-sungguh, (10). konsistensi. nilai pendidikan sosial mencakupi : (1). Tolong menolong, (2). Kasih sayang. Selain itu juga terdapat nilai pendidikan buadaya : (1). Nilai Berilmu, dan (2). Nilai Cinta tanah air. Kemudian, analisis tindak tutur dan nilai pendidikan relevan dengan pembelajaran bahasa indonesia khususnya di SMP kelas IX semester 2 keterkaitannya dengan aspek pengetahuan dan keterampilan. Selain itu terdapat Kommpetensi Dasar yang sesuai dengan analisis di atas, yaitu Pembelajaran di SMP terletak pada KD 3.12. Menelaah struktur, dan kebahasaan teks (film, cerpen, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca. Kata Kunci: Tindak tutur, Nilai pendidikan, Relevansi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 03:27 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 03:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63586 |
Actions (login required)
View Item |