Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANNA WA SALWA PERSPEKTIF TAFSIR AL-THABARIY DAN RELEVANSINYA DENGAN ILMU GIZI

ERINA DWIYANTI KORENGKENG, - (2022) MANNA WA SALWA PERSPEKTIF TAFSIR AL-THABARIY DAN RELEVANSINYA DENGAN ILMU GIZI. Skripsi thesis, Universitas islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “ MANNA WA SALWA PERSPEKTIF TAFSIR AL-THABARIY DAN RELEVANSINYA DENGAN ILMU GIZI”. Manna wa Salwa merupakan nikmat yang Allah SWT., turunkan kepada Bani Israil berupa makanan. Manna wa Salwa ialah makanan yang nikmat dan bergizi. Manna wa Salwa merupakan dua jenis makanan berbeda yang dijelasakan dalam Al-Qur‟an yaitu di Q.S Al-Baqarah: 57, Q.S Al-A‟raf: 160 dan Q.S Taha: 80. Dalam Tafsir Al-Thabariy, terdapat perbedaan arti Manna wa Salwa, beberapa riwayat mengatakan arti Manna wa Salwa yaitu Manna adalah sejenis minuman, seperti salju, seperti madu, madu, roti yang lunak (jagung dan sumsum), jahe, dan sesuatu yang jatuh dari pohon, dan Salwa berarti burung, burung puyuh, dan burung merpati/dara. Adapun Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana penafsiran tentang Manna wa Salwa perspektif tafsir Al-Thabariy dan bagaimana relevansi Manna wa Salwa dalam Al-Qur‟an dengan ilmu gizi. Penelitian ini menggunakan metode tematik term dengan jenis penelitian kajian pustaka (library research) yaitu penelitian dengan sumber data berasal dari kepustakaan serta menganalisis data data tersebut yang berkaitan dengan penelitian baik dari segi data primer maupun data sekunder. Hasil penelitian: pertama, Manna berarti madu dan Salwa berarti burung puyuh. Madu dan burung puyuh lah yang cocok dikonsumsi untuk Bani Israil karena disesuaikan dengan kondisi Bani Israil pada saat itu. Kedua, Manna wa Salwa merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi untuk dikonsumsi manusia, seperti madu memilki banyak kandungan karbohidrat berupa gula yang berguna untuk menghasilkan energi dan burung puyuh banyak mengandung protein. Dua makanan ini merupakan makanan yang saling melengkapi satu sama lain jika dikonsumsi manusia. Kata Kunci: Manna wa Salwa, Tafsir Al-Thabariy, Ilmu Gizi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:59
Last Modified: 23 Aug 2022 01:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63559

Actions (login required)

View Item View Item