Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PEKANBARU

ALFIKRI SAHNAKI, - (2022) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV PEMBAHASAN)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alfikri Sahnaki (2022): Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar kelas XI IPS di SMA N 4 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI jurusan IPS terdiri dari 4 kelas yang seluruhnya berjumlah 139 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dimana sampel akan diambil secara acak dari ke 4 kelas yang telah dijadikan sebagai populasi. Maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 102 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil olahan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa konsep diri siswa memiliki persentase hasil angket sebesar 78,48% dan persentase hasil angket kemandirian belajar sebesar 78,71 yang dikategorikan baik karena berada pada interval 81% - 100% . Sedangkan hasil uji korelasi product moment menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa. Hal ini dilihat dari r hitung > rtabel(0,1946 <0,740> 0,2540). Adapun persentase pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa adalah sebesar 54,7% sedangkan sisanya sebesar 45,3% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Pengaruh, konsep diri, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:58
Last Modified: 15 Aug 2022 06:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63531

Actions (login required)

View Item View Item