Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Example non example Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar Kabupaten Kampar

Muhammad Habib, - (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Example non example Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Habib (2021) : Pengaruh Model Pembelajaran Example non example Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Seberapakah Besar Pengaruh Model Pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar Kabupaten Kampar? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mengetahui suatu pengaruh penggunaan model pembelajaran Example non example, di penelitian ini peneliti berperan sebagai pengamat dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini model Example non example merupakan variabel X, dan hasil belajar merupakan variabel Y. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar Kabupaten Kampar Kabupaten Kampar Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 3 kelas dengan rincian kelas X IIS sebanyak 26 siswa, kelas X MIA1 sebanyak 20 siswa dan kelas X MIA2 sebanyak 20 siswa. Dari 3 kelas tersebut diambil sampel untuk memilih dua kelas, yaitu satu sampel experiment dan satu sampel untuk kelas control. Sampel diambil dengan teknik random sampling dengan memilih 2 kelas dari 3 kelas. Hal ini dilakukan setelah melakukan uji homogenitas. Apabila kelas tersebut sudah homogen baru dipilih secara acak dan terpilihlah kelas. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, dokumentasi dan tes yang dilakukan pada pertemuan ke lima setelah pertemuan pembelejaran selesai. Data inilah yang diolah menggunakan rumus tes-t dan diperoleh nilai t sebesar 9.188 dengan nilai signifikan sebesar t-tabel 2,000 yang mana nilai signifikan yang diperoleh dari perhitungan lebih besar dari taraf signifikanα = 0,05, maka Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran example non example dengan hasil belajar ekonomi siswa Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Example Non Example, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:26
Last Modified: 12 Aug 2022 03:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63525

Actions (login required)

View Item View Item