MARIANA, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KUANTAN MUDIK KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (759kB) |
Abstract
ABSTRAK MARIANA (2022) : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chip Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kuantan Mudik Kuantan Singingi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking chip terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kuantan Mudik Kuantan Singingi. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Seberapakah Besar Pengaruh Model Pembelajaran tipe talking chip terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kuantan Mudik Kuantan Singingi? Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, yaitu melakukan perlakuan pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol meninjau kembali pelajaran dengan cara biasa. Pada penelitian ini peneliti berperan sebagai pengamat dalam proses pembelajaran. Sampel penelitian ini adalah dua kelas dari 3 kelas IPS yang ada. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu.. Dari 3 kelas tersebut diambil sampel untuk memilih dua kelas, yaitu satu sampel experiment dan satu sampel untuk kelas control. Hal ini dilakukan setelah melakukan uji homogenitas. Apabila kelas tersebut sudah homogen baru dipilih secara acak dan terpilihlah kelas. Hasil pengujian memperoleh temuan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada nilai rata-rata kelas kontrol dan diperoleh t hitung lebih besar daripada t tabel. Aturan untuk menguji adalah Ha diterima jika t hitung > t tabel dan Ha ditolak jika t hitung < t tabel. Setelah analisis dilakukan, nilai t hitung = 6.195. Sedangkan t tabel dengan taraf 5% = 2.060. Karena itu dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, berarti terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa, sehingga dapat dikatakan ada pengaruh hasil belajar ekonomi antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe talking chips dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga terjadi pengaruh positif antara pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap hasil belajar ekonomi siswa, maka hal ini dapat menjawab hipotesis yang diangkat oleh peneliti yaitu terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips dengan hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Kuantan Mudik Kata Kunci : Tipe talking chip, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 07:55 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 07:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63518 |
Actions (login required)
View Item |