ALWARDAH WULAN SARI, - (2022) METODE PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MENURUT MARIA MONTESSORI DAN KI HAJAR DEWANTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Alwardah Wulan Sari,(2022): Metode Pembelajaran Anak Usia Dini menurut Maria Montessori dan Ki Hajar Dewantara. Penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan metode pendidikan anak usia dini menurut Maria Montessori dan Ki Hajar Dewantara dengan menggunakan metode library research dan tekhnik pengumpulan data studi dokumentasi. Sumber data primer adalah buku karangan Ki Hajar Dewantara dengan judul Bagian Pertama Pendidikan dan buku karangan Simone Davies dengan judul The Montessori Toodler, yang memuat isi pemikiran Maria Montessori. Sedangkan data sekunder diambil dari berbagai sumber yang dianggap relevan. Tekhnik analisa data menggunakan analisis deskriptif dan analisis infarensi. Hasil analisa peneliti, metode Maria Montessori memberikan kebebasan pada anak usia dini untuk melakukan aktivitas sesuai minat dan bakat anak dan mengajarkan kedisiplinan kepada anak sejak usia dini, sedangkan metode pembelajaran Ki Hajar Dewantara menekankan kepada metode sistem Among yang memiliki makna menjaga kelangsungan hidup batin peserta didik dengan cara mendampingi dan mengarahkan peserta didik bukan hanya membiarkan perkembangan batin peserta didik namun juga menjaga agar keadaaan batin peserta didik tetap dalam keadaan baik. Kata kunci : PAUD, Metode Maria Montessori, Metode Ki Hajar Dewantara,
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 05:36 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 05:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63478 |
Actions (login required)
View Item |