Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS DI PONDOK PESANTREN DAR AL MA’ARIF BASILAM BARU SUMATERA UTARA

MEGA IRWANI, - (2022) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS DI PONDOK PESANTREN DAR AL MA’ARIF BASILAM BARU SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img]
Preview
Text
Mega Irwani FULL.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Setiap individu selalu memerlukan motivasi untuk belajar, tidak terkecuali pada siswa MTs pondok pesantren. Salah satu hal yang mempengaruhi motivasi belajar, yakni dukungan sosial orang tua. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar pada siswa MTs di pondok pesantren Dar al Ma’arif Basilam Baru Sumatera Utara. Pengambilan sampel menggunakan teknik kuota sampling dengan subjek penelitian sebanyak 236 siswa MTs pondok pesantren Dar al Ma’arif Basilam Baru Sumatera Utara. Pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala dukungan sosial orang tua dan motivasi belajar, yang masing-masing dibuat sendiri berdasarkan aspek dari Sarafino & Smith (1998) dan komponen dari Pintrich, dkk (1991). Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara dukungan sosial orang tua dan motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan positif. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa dukungan sosial orang tua dapat meningkatkan motivasi belajar siswa MTs pondok pesantren Dar al Ma’arif Basilam Baru Sumatera Utara. Kata kunci: dukungan sosial orang tua, motivasi belajar, pondok pesantren

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:58
Last Modified: 08 Aug 2022 03:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63452

Actions (login required)

View Item View Item