YOSI NOVITA, - (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (932kB) |
||
|
Text
SKIRPSI YOSI NOVITA.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Yosi Novita, (2022): Implementasi Program Sistem Kredit Semester di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui implementasi program sistem kredit semester di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru, dan 2) untuk mengetahui evaluasi dari pelaksanaan program sistem kredit semester di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru. Agar dapat menjawab seluruh pertanyaan dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Informan utama adalah Kepala Koordinator SKS di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru sedangkan informan lainnya Wakil Kepala Madrasah Aliyah Negeri Bidang Kurikulum dan siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan empat tahapan yang terdiri dari: 1) Pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) display data dan 4) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi teknik. Adapun hasil dari penelitian implementasi program sistem kredit semester di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru, antara lain: a) tahap perencanaan program semester MAN 2 Pekanbaru telah mengurus izin mengadakan program sistem kredit semester ke Kanwil Provinsi Riau dan membentuk Tim pengembang kurikulum hingga mendaptkan SK perizinan pelaksanaan SKS pada tahun 2019; b) Persiapan program kurikulum Sistem Kredit Semester MAN 2 Pekanbaru mengadakan study banding dan training ke sekolah/madrasah yang terlebih dulu mengadakan program SKS untuk menyiapkan segala hal terkait dengan strategi dan teknik penyelenggaraan SKS seperti penyusunan buku peraturan akademik, pengaturan prediksi pembaguan waktu pembelajaran, penyusuan UKBM dan sebagainya; c) Pengelolaan kelas layanan SKS dalam UKBM, pengelolaan kelas layanan SKS di MAN 2 Pekanbaru menggunakan sistem kelas heterogen yang melayani peserta didik dengan tiga variasi kecepatan belajar berbeda yakni cepat, normal dan lambat. Peserta didik yang sudah teridentifikasi kecepatan belajarnya dikelompokkan sesuai dengan kecepatan belajarnya sampai menyelesaikan seluruh unit pembelajaran utuh dalam UKBM sesuai beban belajar selama enam semester; d) Model pembelajaran dalam kelas layanan SKS, MAN 2 Pekanbaru menerapkan RPP berbasis Kecakapan Hidup Abad-21 terintegrasi 4C yakni Critical Thinking, Creative Thinking, Communication skill dan Collaboration Learning, Literasi, dan Penguatan Pendidikan Karakter melalui model Aktive Learning yang menuntut siswa belajar mandiri secara aktif dengan UKBM yang telah disediakan dari Madrasah; dan e) Penilaian hasil belajar siswa, penilaian belajar dalam program SKS bersifat formatif. Nilai yang diperoleh siswa menjadi penentu apakah peserta didik tersebut termasuk dalam kelompok pembelajar lambat, normal, atau cepat. Kata Kunci: Sistem Kredit Semester, Program, Layanan Kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 08:21 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 08:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63401 |
Actions (login required)
View Item |