Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KERIPIK SINGKONG EMAKCW DALAM PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA DI KELURAHAN TANGKERANG TIMUR KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU

SELI INDRI YANI, - (2022) PERANAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KERIPIK SINGKONG EMAKCW DALAM PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA DI KELURAHAN TANGKERANG TIMUR KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya sebuah UMKM yang gernama EmakCW dimana usaha tersebut mempekerjakan beberapa karyawan disana baik itu imu rumah tangga maupun bapak – bapak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Keripik Singkong EmakCW Dalam Peningkatan Ekonomi Keluarga Di Kelurahan Tangkerang Timur Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 1 orang informan kunci (Owner / pemilik UMKM EmakCW) dan 4 orang informan pendukung (para karyawan EmakCW). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengann teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian bahwa UMKM EmakCW ini memiliki peranan dalam meningkatkan perekonomian, penyedia lapangan kerja, yaitu UMKM EmakCW ini memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat sekitar dengan mempekerjakan beberapa masyarakat sekitar, hal tersebut sangat memberikan pengaruh yang besar terhadap tingkat pendapatan para pekerja nya. Peningkatan pendapatan masyarakat, yaitu UMKM EmakCW ini telah mampu membawa perubahan yang besar terhadap perputaran perekonomian para pekerjanya, para pekerja sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan sandang, papan dan pangannya secara teratur. Mengurangi jumlah pengangguran, yaitu keripik singkong EmakCW mampu menciptakan lapangan pekerjaan dibidang perdagangan dengan memanfaatkan tenaga kerja dari masyarakat sekitar agar terbantu untuk meningkatkan ekonominya, selain itu juga memberikan pelatihan kepada karyawan. Kata kunci : Peranan, UMKM, Perekonomian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:23
Last Modified: 05 Aug 2022 04:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63343

Actions (login required)

View Item View Item