Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA PASAR TERHADAP PENJUALAN IKAN DI PASAR SEDINGINAN KELURAHAN SEDINGINAN KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

AYU FITRI, - (2022) PENGARUH PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA PASAR TERHADAP PENJUALAN IKAN DI PASAR SEDINGINAN KELURAHAN SEDINGINAN KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ayu Fitri (2022) : Pengaruh Peningkatan Sarana Dan Prasarana Pasar Terhadap Penjualan Ikan Di Pasar Sedinginan Kelurahan Sedinginan Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Latar belakang penulis mengambil judul ini adalah karena Untuk meningkatkan perkembangan kegiatan pasar, maka sarana dan prasarana merupakan hal penting, karena tersedianya sarana dan prasarana pasar dapat mendukung aktivitas perekonomian masyarakat, aktivitas ekonomi akan terhambat apabila sarana dan prasarana pasar tidak memadai. Dalam meningkatkan penjualan, pengelola pasar Sedinginan melakukan kebijakan-kebijakan yang dianggap dapat membawa dampak positif bagi konsumen ataupun pedagang yang ada di sekitar Pasar Sedinginan. Dari keterangan tersebut adanya peningkatan sarana dan prasarana di pasar ikan Sedinginan dalam meningkatkan penjualan. Namun kebijakan tersebut tidak berdampak positif bagi beberapa pedagang ikan di pasar ikan Sedinginan, karena banyak keluhan dari pedagang ikan di pasar Sedinginan yang menyatakan bahwa semakin hari Pasar ikan Sedinginan semakin sunyi pembeli atau pengunjung, dapat dibuktikan dari adanya penurunan jual beli ikan tersebut. Penelitian ini dilakukan di Pasar Sedinginan Kelurahan Sedinginan Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Total Sampling yaitu jumlah keseluruhan populasi dijadikan sampel sebanyak 33 Pedagang ikan sebagai responden. Teknik pengumpulan data melalui studi observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan data tersebut diolah menggunakan bantuan software SPSS versi 20. Hasil dari pengujian koefisien regresi diperoleh bahwa variabel Peningkatan Sarana dan Prasarana Pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penjualan Ikan di Pasar Sedinginan. Berdasarkan pada hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Signifikan Peningkatan Sarana dan Prasarana Pasar terhadap Penjualan Ikan di Pasar Sedinginan. Apabila variabel Peningkatan Sarana dan Prasarana Pasar ditingkatkan maka akan terjadi peningkatan Penjualan Ikan di Pasar Sedinginan sebesar 0,827 satuan. Peningkatan Sarana dan Prasarana Pasar terhadap Penjualan Ikan di Pasar Sedinginan menurut tinjauan ekonomi Syariah sudah berjalan dengan prinsip ekonomi Syariah dilihat dari segi infrastruktur dan ikan yang dijual dipasar. Dipasar sedinginan hanya menjual ikan atau daging yang halal. Namun. Infrastrukturnya tidak secara formal sebab masih ditemukan beberapa sisi pasar tersebut kumuh dan tidak tertata rapi. Kata kunci: Sarana, Prasarana, dan Penjualan ikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:42
Last Modified: 05 Aug 2022 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63334

Actions (login required)

View Item View Item