Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Prosedur Pemanfaatan Pendayagunaan Zakat Produktif Bagian Lapak Berkah Di Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia. Perwakilan Riau Kota Pekanbaru.

MEINITA SARI, - (2022) Prosedur Pemanfaatan Pendayagunaan Zakat Produktif Bagian Lapak Berkah Di Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia. Perwakilan Riau Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V HASIL)
BAB V HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MEINITA SARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Lapak berkah adalah salah satu program ekonomi yang diberikan kepada mustahik dengan memberikan memberikan fasilitas seperti gerobak dan tambahan modal usaha. Sebagai bentuk kepedulian dalam membangun ekonomi mustahik. Tujuan dalam program lapak berkah untuk memberikan kesempatan bagi yang membutuhkan tambahan modal usaha (mustahik) bisa mengembangkan usaha dan menjadikan seseorang yang awalnya mustahik menjadi seorang muzakki. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana prosedur pemanfatatan pendayagunaan dana zakat produktif bagian lapak berkah di (IZI) kota Pekanbaru. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Diawali dengan pemilihan masalah dan dilanjutkan dengan wawancara untuk mengetahui prosedur pemanfaatan pendayagunaan dana zakat produktif bagian lapak berkah. Dalam menjalankan program lapak berkah ini. Berdasarkan hasil penelitian, program pemanfaatan pendayagunaan zakat produktif bagian lapak berkah diberikan kepada mustahik yang membutuhkan berupa bantuan gerobak dan tambahan modal yang berbeda-beda setiap mustahik sesuai dengan kebutuhan mustahik. Yang diberikan kepada mustahik sebelum mernjalankan usahanya untuk penyalurannya diberikan 6 bulan sekali . Hal yang pertama dilakukan IZI dalam prosedur proram ekonomi bagian lapak berkah ini adalah melakukan study kelayakan, dengan mensurvey calon penerima manfaat dana zakat, selanjutnya menetapkan jenis usaha apa yang akan dia jalankan, selanjutnya melakukan bimbingan kepada mustahik agar usaha yang ia jalankan berhasil. Kata kunci: pendayagunaan, zakat produktif, lapak berkah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:39
Last Modified: 05 Aug 2022 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63324

Actions (login required)

View Item View Item