Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA MENURUT UNDANG-UNDANG NO 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA (Studi Desa Seremban Jaya Rimba Melintang Rokan Hilir)

ASPAN, - (2022) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA MENURUT UNDANG-UNDANG NO 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA (Studi Desa Seremban Jaya Rimba Melintang Rokan Hilir). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ASPAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aspan (2022) : Tinjauan Fiqih Siyasah terhadap Pelaksanaan Pembangunan Desa Menurut UU No 6 tahun 2014 Tentang Desa (Studi Desa Seremban Jaya Rimba Melintang Rokan Hilir). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembangunan desa di desa Seremban Jaya Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir yang hanya terfokus kepada pembangunan fisik saja. Sedangkan di dalam UU No 6 Tahun 2014 yang di atur dalam pasal 78 Pembangunan desa bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan secara berkelanjutan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana orientasi pembangunan desa Menurut UU No 6 Tahun 2014, bagaimana pelaksanaan pembangunan desa di Desa Seremban Jaya Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir berdasarkan UU No 6 Tahun 2014 tentang desa di Desa Seremban Jaya Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir dan bagaimana pelaksanaan pembangunan desa di Desa Seremban Jaya Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir dalam persefektif Fiqih Siyasah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research}. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuisuoner, dokumnetasi dan pustaka. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembangunan desa di Desa Seremban Jaya Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir secara sistematika sudah sesuai dengan aturan dalam UU No 6 Tahun 2014 tentang desa. Akan tetapi secara substansi pembangunan di Kampung ini masih jauh dari harapan dan cita-cita yang maju. Sedangkan dalam konteks Fiqih Siyasah pembangunan memiliki prinsip dan tujuan yang pada intinya harus mementingkan kemaslahatan dan meningkatkan kesejahteraan dan mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Kata Kunci : UU No 6 Tahun 2014, Pelaksanaan Pembangunan Desa, Fiqih Siyasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:46
Last Modified: 04 Aug 2022 06:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63316

Actions (login required)

View Item View Item