Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN TINGKAT STRESS ORANG TUA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU

NADA SUCI SALSABILA, - (2022) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN TINGKAT STRESS ORANG TUA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN TINGKAT STRESS ORANG TUA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU Nada Suci Salsabila Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Nadasuciss7@gmail.com ABSTRAK Pandemi COVID-19 membuat perubahan kebijakan belajar anak menjadi pembelajaran online yang dapat menimbulkan stress pada orang tua. Salah satu faktor yang berhubungan dengan stress orang tua dapat dipicu oleh kurangnya pengetahuan orang tua terhadap pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan antara pengetahuan pembelajaran online dengan tingkat stress orang tua selama Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 276 orang tua yang sedang mendampingi anak dalam pembelajaran online selama pandemi COVID- 19 dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala perceived stress scale-10 (Cohen dan Williamson, 1988) dan pengetahuan tentang pembelajaran online. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan pembelajaran online dengan tingkat stress orang tua selama pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru diperoleh nilai korelasi sebesar r= -0,285 dengan signifikan sebesar (p) = 0,000. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima. Selain itu, tingkat stress berada pada kategori sedang dan pengetahuan pembelajaran online berada pada kategori rendah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa aspek manfaat pembelajaran online memiliki sumbangsih tertinggi terhadap tingkat stress yaitu sebesar 10,27%. Kata kunci: Pengetahuan Pembelajaran Online, Tingkat Stress, Pembelajaran Online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:43
Last Modified: 04 Aug 2022 06:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63293

Actions (login required)

View Item View Item