Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan LKS Berbasis Model Pembelajaran Quantum Learning pada Materi Segiempat Kelas VII di SMP Amal Mulia Boarding School Pekanbaru

Mohamad Toharun, - (2022) Pengembangan LKS Berbasis Model Pembelajaran Quantum Learning pada Materi Segiempat Kelas VII di SMP Amal Mulia Boarding School Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mohamad Toharun, (2022) : Pengembangan LKS Berbasis Model Pembelajaran Quantum Learning pada Materi Segiempat Kelas VII di SMP Amal Mulia Boarding School Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa materi segiempat di SMP Amal Mulia Boarding School Pekanbaru. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan produk yang berupa bahan ajar cetak LKS berbasis model pembelajaran Quantum Learning pada materi segiempat memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segiempat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Amal Mulia Boarding School Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah para ahli teknologi pendidikan, ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa kelas VII di SMP Amal Mulia Boarding School Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII.A sebegai kelas eksperimen dan kelas VII.C sebagai kelas kontrol. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis model pembelajaran Quantum Learning pada materi segiempat. Teknik pengumpulan data berupa teknik angket dan teknik tes. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji validitas oleh ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran, LKS berbasis model pembelajaran Quantum Learning dinyatakan kategori sangat valid dengan presentase 90,195%. Hasil uji kepraktisan kelompok kecil dengan jumlah responden 8 orang siswa dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase 83,04% kemudian LKS direvisi dan diuji cobakan ke kelompok terbatas dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase 92,93%. Selanjutnya, untuk uji keefektivan LKS sudah efektif berdasarkan bahwa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:52
Last Modified: 04 Aug 2022 07:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63288

Actions (login required)

View Item View Item