Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAPHORICAL THINKING PADA MATERI BARISAN DAN DERET

LISMARNI, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAPHORICAL THINKING PADA MATERI BARISAN DAN DERET. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
skripsi FIXXX.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lismarni, (2022): Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Pembelajaran Metaphorical Thinking Pada Materi Barisan dan Deret Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan LKS (Lembar Kerja Siswa) matematika berbasis pendeketan Metaphorical Thinking yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif pada materi barisan dan deret. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 6 Pekanbaru, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis Pendekatan Metaphorical Thinking pada materi barisan dan deret. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas ahli teknologi, LKS berbasis Pendekatan Metaphorical Thinking dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 88.97%, sedangkan uji validitas ahli materi dinyatakan sangat valid dengan persentase 91.82%. Hasil uji pratikalitas kelompok kecil dengan jumlah responden 10 orang siswa diperoleh bahwa LKS berbasis pendekatan Metaphorical Thinking praktis dengan persentase 79.83%, Sedangkan pada kelompok terbatas dengan jumlah responden 30 orang siswa dinyatakan sangat praktis dengan persentase 81.03%. Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LKS yang dikembangkan valid dan praktis kelompok kecil maupun kelompok terbatas. Setelah LKS dinyatakan valid dan praktis, LKS berbasis Pendekatan Metaphorical Thinking pada materi barisan dan deret dinyatakan efektif dengan yaitu . Kata kunci: Pendekatan Metaphorical Thinking, Lembar Kerja Siswa (LKS), Barisan dan Deret.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:13
Last Modified: 04 Aug 2022 02:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63274

Actions (login required)

View Item View Item