Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ALGORITMA DBSCAN DALAM PEMETAAN PELANGGAN BERDASARKAN MODEL LRFM UNTUK PENDUKUNG STRATEGI PENGELOLAAN PELANGGAN

ANDI ELIA, - (2022) PENERAPAN ALGORITMA DBSCAN DALAM PEMETAAN PELANGGAN BERDASARKAN MODEL LRFM UNTUK PENDUKUNG STRATEGI PENGELOLAAN PELANGGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)

Abstract

ANDI ELIA (2022) : PENERAPAN ALGORITMA DBSCAN DALAM PEMETAAN PELANGGAN BERDASARKAN MODEL LRFM UNTUK PENDUKUNG STRATEGI PENGELOLAAN PELANGGAN PT. Herbal Penawar Alwahida Indonesia merupakan salah satu perusahaan bisnis halal network yang ada di Indonesia. Perusahaan tersebut memproduksi produk-produk herbal dan memiliki 368 Business Center (BC) yang tersebar di penjuru Indonesia, 19 diantaranya terdapat di Provinsi Riau. Salah satu BC yang terdapat di Provinsi Riau yaitu BC 2 Halal Network International (HNI) Pekanbaru. Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini yaitu sulitnya membedakan informasi mengenai pemetaan pelanggan yang menguntungkan dan tidak menguntungkan, serta menentukan karakteristik dari pelanggan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menghasilkan pemetaan pelanggan dan usulan strategi penjualan pada BC 2 HNI Pekanbaru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah algoritma DBSCAN berdasarkan model LRFM serta menggabungkan dengan metode AHP untuk memastikan bobot relatif LRFM. Penelitian ini menghasilkan nilai validasi menggunakan Silhouette Index (SI), menciptakan 2 cluster terbaik yang kemudian dilakukan pemetaan dengan Customer Value Matrix serta Customer Loyalty Matrix. Bersumber pada nilai CLV, Cluster Pertama adalah segmen terbaik dengan jumlah pelanggan sebanyak 1,497 pelanggan, termasuk kedalam segmen new costumer group-uncertain new customer dengan usulan stateginya yaitu “let-go” strategy. Cluster Kedua merupakan peringkat kedua dengan jumlah pelanggan sebanyak 3, termasuk kedalam segmen lost customer group-uncertain lost customers serta usulan strategi yang hendak digunakan ialah let-go strategy. Kata Kunci: CLV, CRM, DBSCAN, LRFM, Pemetaan Pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:28
Last Modified: 04 Aug 2022 03:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63230

Actions (login required)

View Item View Item