RIHADATUL AISYI, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SD NEGERI 004 SUNGAI JALAU KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Rihadatul Aisyi, (2022) :Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV SDN 004 Sungai Jalau Kecamatan Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Sungai Jalau Kecamatan Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 25 siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Sungai Jalau Kecamatan Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata keaktifan belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai 37,60% atau tergolong “sangat kurang”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 56,08% atau tergolong “cukup baik”. Kemudian pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa terjadi peningkatan 79,60% atau tergolong “baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Sungai Jalau Kecamatan Kampar. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT), Keaktifan Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 04:16 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 04:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63199 |
Actions (login required)
View Item |