Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN ISTRI NELAYAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi Pada Masyarakat Nelayan di Desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan)

CICI SUNTI WULANDARI, - (2022) PERAN ISTRI NELAYAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi Pada Masyarakat Nelayan di Desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh Masyarakat Kuala Panduk sebagai masyarakat nelayan di dalam kehidupan sehari-harinya memiliki permasalahan yang sama dengan masyarakat nelayan lainnya yaitu Kurangnya pendapatan keluarga. Sehingga peran istri nelayan dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga sangat diperlukan untuk membantu kegiatan perekonomian seperti nelayan, bertani, berdagang maupun pengolahan ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran istri nelayan dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari informan kunci terdiri dari kepala Desa Kuala Panduk dan Informan pendukung terdiri dari 5 Orang istri nelayan Desa Kuala Panduk. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa Istri nelayan yang bekerja membantu suami dalam menambah pendapatan keluarga yang meliputi menjual ikan segar, mengolah ikan asap, ikan asin dan membuka usaha menjual gorengan dan berkebun juga memberikan dampak dalam keluarga nelayan sendiri. Pertama dampak positif yaitu bertambahnya pendapatan keluarga, meningkatnya status ekonomi dan sosial keluarga dan terpenuhinya kebutuhan sehari-hari. Kata Kunci: Peran, Istri Nelayan, Pendapatan Keluarga, Desa Kuala Panduk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:47
Last Modified: 02 Aug 2022 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63107

Actions (login required)

View Item View Item