Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

POLA PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA WARGA BINAAN SOSIAL EKS PSIKOTIK DI UNIT PELAKSANAAN TEKNIS BINA LARAS MUARA FAJAR RUMBAI PEKANBARU

MUHAMMAD SIDIK, - (2022) POLA PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA WARGA BINAAN SOSIAL EKS PSIKOTIK DI UNIT PELAKSANAAN TEKNIS BINA LARAS MUARA FAJAR RUMBAI PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang pengaruh kepribadian warga binaan sosial terhadap pendidikan agam Islam di unit pelaksanaan teknis Bina Laras Muara Fajar Kecamatan Rumbai. Permasalahan studi yang dipaparkan: 1). Bagaimana pola pembinaan pendidikan agama Islam pada warga binaan sosial, 2). bagaimana pengaruh pembinaan keagamaan sebagai alternatif yang tepat sasaran bagi warga binaan sosial, 3). Faktor-raktor yang mempengaruhi warga binaan sosial setelah mendapatkan pembinaan keagamaan dan 4). Hasil dari pola pembinaan pendidikan agama Islam terhadap warga binaan sosial. Pendekatan yang peniliti gunakan psikologi agama. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori penelitian ini menggunakan konsep Abraham Maslow tentang mengatasi berbagai persoalan yang berdampak kepribadian, baik itu kebutuhan dasar hingga sampai kepada tahap pengendalian diri. Tujuan penelitian dapat ditemukan bahwa: 1). Pola pembinaan keagamaan sebagai salah satu acuan dalam perilaku warga binaan sosial menyelesaikan permasalahan kesenjangan yang berakibat berbagai persoalan di masa lalu yang tidak diperhatikan. 2). Pengaruh pembinaan keagamaan sebagai salah satu faktor utama kemandirian diri warga binaan sosial dalam meningkatkan spiritualitas karena mengingatkan interaksi diri dengan Tuhan nya. 3). Faktor-faktor yang mempengaruhi dengan pendampingan khusus dengan cara membangun komunikasi yang baik dengan keluarga, kerabat, psikolog, maupun ulama agar menemukan maksud dan pola pemahaman persoalan kepribadian terhadap tingkat rasa percaya diri. Kata Kunci : Pembinaan, Pendidikan, Keagamaan, Kepbribadian, Warga Binaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:21
Last Modified: 02 Aug 2022 07:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63074

Actions (login required)

View Item View Item