Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN KOSMETIK HALAL DI INDONESIA YANG LISTING DI BEI PERIODE 2017 – 2021

AGUS NURRAHMAN, AGRR (2022) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN KOSMETIK HALAL DI INDONESIA YANG LISTING DI BEI PERIODE 2017 – 2021. Thesis thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
agus fix.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV agus fix.pdf

Download (865kB) | Preview

Abstract

Fluktuasi rata-rata laba perusahaan disebabkan oleh beberapa faktor. Dalam penelitian ini, peneliti hanya membatasi beberapa faktor yang akan diteliti yang diduga berpengaruh terhadap profitabilitas. Diantaranya Likuiditas, Aktivitas, Leverage, ukuran perusahaan. Untuk profitabilitasnya yang akan diukur pengaruhnya ialah Net Profit Margin, Return on Assets dan Return on Equity. Ditinjau dari berbagai penelitian sebelumnya yang membahas tentang kosmetik halal dan pangsa pasarnya yang terus meningkat di Indonesia yang sehubungan dengan jumlah mayoritas penduduk Indonesia yang beragama islam serta tingkat profit yang menjanjikan untuk kedepannya. Pengeluaran Muslim untuk kosmetik mencapai $64 miliar pada tahun 2018 dan diperkirakan akan mencapai $95 miliar pada tahun 2024. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif yaitu dengan mengambil data perusahaan kosmetik berlebel halal dan memiliki sertifikat halal serta mempublikasikan laporan pada Bursa Efek Indonesia lima tahun berturut – turut yaitu dari tahun 2017 – 2021. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasilnya yaitu: (1) secara simultan Likuiditas, Aktivitas, Leverage, ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan untuk variabel Return on Assets dan Return on Equity dan untuk variabel Net Profit Margin tidak berpengaruh secara signifikan. (2) secara parsial variabel likuiditas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Net Profit Margin, Return on Assets dan Return on Equity. (3) secara parsial variabel Leverage tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Net Profit Margin, Return on Assets dan Return on Equity (4) untuk varibel aktivitas berpengaruh secara signifikan terhadap Return on Assets dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Net Profit Margin dan Return on Assets. (5) varibel ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap Return on Assets dan Return on Equity tapi tidak untuk Net Profit Margin pada perusahaan kosmetik berlebel halal di Indonesia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:31
Last Modified: 02 Aug 2022 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63057

Actions (login required)

View Item View Item