Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN

INDRA PEBRIANDI, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indra Pebriandi (2022): Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Himpunan Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif pada materi himpunan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pangkalan Kuras, ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi himpunan. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal post test. Data diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, LKS berbasis Problem Based Learning (PBL) dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 90,36%. Hasil uji praktikalitas kelompok kecil dengan jumlah responden 10 orang siswa diperoleh bahwa LKS berbasis Problem Based Learning (PBL) sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 92,86%. Dan hasil uji praktikalitas kelompok besar dengan jumlah responden 30 orang siswa diperoleh bahwa LKS berbasis Problem Based Learning (PBL) sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 90,52%. Hasil uji efektivitas kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menunjukkan tingkat pemahaman tinggi dengan persentase 86,3%. Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LKS yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Problem Based Learning (PBL), Pemahaman Konsep Matematis, Himpunan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:16
Last Modified: 01 Aug 2022 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62994

Actions (login required)

View Item View Item