ARIN DWIYANA PUTRI, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYYAH UWAYS ALQORNI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECALI HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
Abstract
ARIN DWIYANA PUTRI (2022) : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYYAH UWAYS ALQORNI PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa melalui penerapan model pembelajaran example non example pada pembelajaran Tematik di kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Uways Alqorni Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 16 siswi kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Uways Alqorni Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran example non example dan keterampilan menulis deskripsi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes keterampilan menulis deskripsi siswa dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model example non example dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa. Sebelum tindakan keterampilan menulis deskripsi siswa hanya mencapai 64,25% dengan kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I keterampilan menulis deskripsi siswa mencapai 72,25% dengan kategori cukup dan pada siklus II keterampilan menulis deskripsi siswa meningkat menjadi 86,12% dengan kategori baik. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa pada pembelajaran Tematik kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Uways Alqorni Pekanbaru. Kata Kunci: Model Example Non Example, Keterampilan Menulis Deskripsi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 07:14 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 07:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62987 |
Actions (login required)
View Item |