Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYYAH UWAYS ALQORNI PEKANBARU

ARIN DWIYANA PUTRI, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYYAH UWAYS ALQORNI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECALI HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)

Abstract

ARIN DWIYANA PUTRI (2022) : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYYAH UWAYS ALQORNI PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa melalui penerapan model pembelajaran example non example pada pembelajaran Tematik di kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Uways Alqorni Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 16 siswi kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Uways Alqorni Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran example non example dan keterampilan menulis deskripsi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes keterampilan menulis deskripsi siswa dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model example non example dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa. Sebelum tindakan keterampilan menulis deskripsi siswa hanya mencapai 64,25% dengan kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I keterampilan menulis deskripsi siswa mencapai 72,25% dengan kategori cukup dan pada siklus II keterampilan menulis deskripsi siswa meningkat menjadi 86,12% dengan kategori baik. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa pada pembelajaran Tematik kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Uways Alqorni Pekanbaru. Kata Kunci: Model Example Non Example, Keterampilan Menulis Deskripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:14
Last Modified: 02 Aug 2022 07:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62987

Actions (login required)

View Item View Item