Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tinjauan Yuridis Terhadap Pelayanan Pembuatan Dokumen Hukum Di Pos Bantuan Hukum Pengadilan Agama Ujung Tanjung Studi Analisa Perma No 1 Tahun 2014

HARRY IRWANSYAH, - (2022) Tinjauan Yuridis Terhadap Pelayanan Pembuatan Dokumen Hukum Di Pos Bantuan Hukum Pengadilan Agama Ujung Tanjung Studi Analisa Perma No 1 Tahun 2014. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV .pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)

Abstract

ABSTRAK Harry Irwansyah, (2021) : Tinjauan Yuridis Terhadap Pelayanan Pembuatan Dokumen Hukum Di Pos Bantuan Hukum Pengadilan Agama Ujung Tanjung Studi Analisa Perma No 1 Tahun 2014 Bantuan hukum adalah khusus bantuan hukum bagi golongan masyarakat yang berpenghasilan rendah atau dalam bahasa populer bukan saja bagi negara-negara berkembang bahkan negara-negara yang sudah maju pun masih tetap menjadi masalah, permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelayanan Pembuatan Dokumen Hukum di Posbakum Pengadilan Agama Ujung Tanjung studi analisa perma no 1 tahun 2014 dan Bagaimana tinjauan yuridis terhadap pelayanan pembuatan dokumen hukum di pos bantuan hukum pengadilan agama ujung tanjung studi analisa perma no 1 tahun 2014 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Filed Research) dengan menggunakan pendekatan kualitaitf adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa kualitatif yaitu metode pendekatan yang dilakukan secara utuh kepada subjek penelitian dimana terdapat sebuah peristiwa dimana peneliti menjadi instrumen kunci dalam penelitian kemudian hasil pendekatan tersebut diuraikan dalam bentuk kata-kata yang tertulis data empiris yang telah diperoleh dan dalam pendekatan ini pun lebih menekankan makan dari pada generalisasi. Hasil penelitian yakni Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Bantuan Hukum Bagi Masyarakat, Pos Bantuan Hukum di Pengadilan Agama Ujung Tanjung tidak hanya melayani pembuatan surat gugatan atau permohonan bagi yang tidak mampu, secara ekonomi saja tetapi jugak melayani orang yang tidak memiliki pengetahuan. Hal itu demi kemaslahatan dana pos bantuan hukum agar tidak sia-sia dan mubazir maka dibuatlah suatu kebijakan bahwa yang tidak mampu dan mampu secara ekonomi dapat menggunakan layanan pembuatan surat gugatan di pos bantuan hukum secara geratis. Karna pos bantuan hukum tersebut mempunyai target yang harus dicapai. Keyword : Yuridis, Pos Bantuan Hukum, Pengadilan Agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:23
Last Modified: 01 Aug 2022 04:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62929

Actions (login required)

View Item View Item