NOVITA PUTRI, - (2022) Makna Aża Menurut Al-Razi Dalam QS. Al-Baqarah ayat 222 (Analisis Al-Wujuh wa An-Nazhair). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB IV HASIL)
BAB IV HASIL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI NOVITA PUTRI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Diantara ayat-ayat Alquran yang membahas tentang haid adalah QS. Al-Baqarah ayat 222. Haid di sini disebut dengan aża. Al-Razi menafsirkan ayat ini dalam kitab tafsir Mafatihul Ghaib, salah satu tafsir ar-ra‟yu yang benar-benar telah mencerminkan pada perpaduan antara pemikiran yang rasional dan pemikiran tradisional. Dalam lingkup Alqur‟an aża memiliki banyak makna, dalam mengungkapkan maknanya dibutuhkan analisis al-Wujuh wa an-Nazhair. Rumusan masalah yang dipaparkan dalam skripsi ini adalah bagaimana makna lafaz aża dalam QS. Al-Baqarah ayat 222 menurut Tafsir Mafatihul Ghaib dan bagaimana makna aża jika dilihat dari sudut kajian al-Wujuh wa an-Nazhair. Penelitian ini menggunakan metode tematik term dengan jenis penelitian library research. Adapun hasil temuan dalam skripsi ini adalah. Pertama, makna aża menurut Al-Razi adalah kotoran. Selain itu, aża pada ayat ini memiliki dua peran penting yaitu sebagai „illat dari perintah i‟tizal disaat isteri dalam keadaan haid dan aża merupakan alat pembeda antara haid dan istihadah, karena haid memiliki beberapa karakteristik yang tidak sama dengan istihadah. Kedua, aża memiliki beberapa tujuh wujuh. Aża terdapat dalam QS. Al-Baqarah : 196, 222, 262, 263, dan 264; QS. Ali Ilmran : 111, 186; QS. An- Nisa‟: 102, dan QS. Al-Ahzab: 48. Aża bermakna gangguan, kata kasar, penyakit, dan kotoran. Kata Kunci: Aża, Al-Razi, Al-Wujuh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir |
Depositing User: | fushu - |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 03:33 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 03:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62896 |
Actions (login required)
View Item |