RAHMI FATMADILA, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmi Fatmadila, (2022): Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 37 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan menggunakan desain penelitian one group pretestposttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 37 Pekanbaru yang berjumlah 18 orang dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman siswa. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan uji-t diperoleh hitung thitung = 22.22% dengan populasi sebanyak 18 siswa dan taraf signikan α = 0,05% ttabel = 88.89% terlihat bahwa thitung < ttabel dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 diterima. Kata kunci : Student Facilitator and Explaining, Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 07:21 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 07:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62844 |
Actions (login required)
View Item |