Indah Septya Anjani, - (2022) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Blended Learning pada Materi Bilangan Kelas VII SMP. Skripsi thesis, DEKAN FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
Text (BAB IV)
BAB IV (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (818kB) |
||
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV (2) (1).pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Indah Septya Anjani, (2022): Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Blended Learning pada Materi Bilangan Kelas VII SMP Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Siswa berbasis Blended Learning pada materi bilangan yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 1 Rengat, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yaitu berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika dengan jenjang pendidikan minimal S2. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis Blended Learning pada materi bilangan. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis Blended Learning dinyatakan sangat valid dengan tingkat kevalidan 85.66%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis Blended Learning dinyatakan kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktisan kelompok kecil 81.52% dan kelompok besar 83.61%. Berdasarkan hasil post test diperoleh nilai > atau 3.42 > 1.77, sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan kemampuan antara kelas kecil sebagai kelas yang menggunakan LKS berbasis Blended Learning dengan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Hal tersebut menunjukkan bajwa LKS matematika berbasis pendekatan Blended Learning yang telah dikembangkan ini efektif untuk digunakan dalam memfasilitasi belajar siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Blended Learning, Bilangan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 01:47 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 01:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62783 |
Actions (login required)
View Item |