HANIFA SRI RAHAYU, - (2022) CONTEXTUALIZATION OF CRITICAL THINKING ACCORDING TO THE QUR'ANIC VERSES (THEMATIC STUDY). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
||
|
Text
BAB I-BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Kontekstualisasi Berfikir Kritis Menurut Ayat-ayat al-Qur’an (Studi Tematik)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi sosial yang semakin kompleks dan kemajuan teknologi informasi, mendorong derasnya pertukaran informasi yang belum terverifikasi secara maksimal. Tujuan penelitian ini antara lain 1. Mengetahui tentang bagaimana kontekstualisasi berpikir kritis menurut ayat-ayat al-Quran 2. Bagaimana dampaknya dalam kehidupan sosial. Dilihat dari jenisnya, penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (Library Research), Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode tematik dengan mengadakan penelitian terhadap kitab-kitab Tafsir, buku-buku dan bentuk tulisan yang berhubungan dengan kontekstualisasi berfikir kritis. Adapun hasil penelitian ini adalah 1. Menunjukkan dalam Surah al-Baqarah ayat 260 Allah mengajarkan kita melalui contoh Nabi Ibrahim Alayhissalam bahwa kita harus berani bertanya sampai kita yakin seyakin-yakinnya, sampai hati kita tenang dan damai. Sedangkan surah al-Anbiya ayat 52, 59-64 Allah mengajarkan kita untuk menggunakan akal pikiran yang telah allah berikan kepada kita dan merenungkan segala sesuatu guna mencari sebuah kebenaran. 2. Dengan berfikit kritis kita memiliki ide kreatif, lebih memahami sudut pdandang orang lain, mampu berfikir lebih mandiri, meminimalisir persepsi yang salah. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Berpikir kritis merupakan suatu kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap diri manusia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir |
Depositing User: | fushu - |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 02:40 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 02:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62774 |
Actions (login required)
View Item |