Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

REALISASI PERAN LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA DALAM PEMBANGUNAN DI DESA KUBANG JAYA BERDASARKAN PERMENDAGRI NOMOR 18 TAHUN 2018

Muhammad Asyrafi Islami, - (2022) REALISASI PERAN LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA DALAM PEMBANGUNAN DI DESA KUBANG JAYA BERDASARKAN PERMENDAGRI NOMOR 18 TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (858kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)

Abstract

Muhammad Asyrafi Islami , 2021 : Realisasi Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa Dalam Pembangunan Di Desa Kubang Jaya Berdasarkan Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 Penelitian ini membahas tentang Realisasi Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa Dalam Pembangunan Di Desa Kubang Jaya Berdasarkan Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa. Fenomena terjadi di Desa Kubang Jaya bahwa Lembaga Kemasyarakatan Desa tidak menjalankan perannya dengan baik diantaranya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat terhadap pembangunan, ikut berpartisipasi dalam menjalankan proses pembangunan, ikut serta dalam perencanaan pembangunan dalam rapat musrenbangdes. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana realisasi peran lembaga kemasyarakatan desa dalam pembangunan di Desa Kubang Jaya, serta untuk mngetahui apa kendala yang dihadapi Lembaga Kemasyarakatan Desa dalam pembangunan di Desa Kubang Jaya Kabupaten Kampar. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan jenis penelitian hukum sosiologis, yaitu penelitian lapangan yang menggunakan metode pendekatan efektifitas hukum. Sedangkan Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa Menurut Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 adalah menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat terhadap pembangunan, ikut serta dalam perencanaan pembangunan dalam musrenbangdes, ikut berpartisipasi dalam menjalankan proses pembangunan. Realisasi Peran tersebut masih bisa dibilang kurang efektif dapat dilihat dari indikator-indikator atau peran Lembaga Kemasyarakatan Desa belum terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:53
Last Modified: 29 Jul 2022 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62767

Actions (login required)

View Item View Item