Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SEGMENTASI PELANGGAN B2B DENGAN MODEL LRFM MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS PADA ROTTE BAKERY

DEA PUTRI ANANDA, - (2022) SEGMENTASI PELANGGAN B2B DENGAN MODEL LRFM MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS PADA ROTTE BAKERY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
LAPORAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)

Abstract

PT. Rotte Ragam Rasa atau lebih dikenal dengan Rotte Bakery merupakan salah satu industry roti yang memasarkan produk melalui pelanggan B2B (Business to Business). Pelanggan B2B Rotte Bakery merupakan agen dan outlet resmi yang terdaftar pada Rotte Bakery. Rotte Bakery menerapkan sistem poin untuk mengelola hubungan dengan pelanggan agen. Sistem poin yang digunakan masih menggunakan satu variabel yaitu variabel Monetery. Rotte Bakery juga belum membedakan informasi pelanggan agen mereka berdasarkan data demografinya. Selain agen, Rotte Bakery belum menerapkan strategi khusus berdasarkan perilaku pembelian untuk mengelola hubungan dengan pelanggan outlet. Outlet Rotte Bakery yang berdiri di beberapa wilayah berbeda dengan kondisi pasar yang berbeda memberikan kesulitan kepada Rotte Bakery untuk mengetahui loyalitas outlet berdasarkan wilayah atau informasi geografi outlet. Penelitian ini bertujuan menentukan segmentasi perilaku, demografi, dan geografi pelanggan B2B Rotte Bakery dengan model LRFM menggunakan algoritma Fuzzy C-Means dan mengusulkan strategi pemasaran berdasarkan hasil segmentasi. Segmentasi pelanggan menggunakan model LRFM dan algoritma Fuzzy C-Means (FCM). Pembentukan cluster menggunakan metode validasi Davies Bouldien-Index (DBI). Karakteristik yang dihasilkan untuk pelanggan agen adalah Average Value Segment, New Low Value Customer, New Dormant Segment, Golden Segment, dan Superstar Segment. Sedangkan untuk pelanggan outlet yaitu Golden Segment, Superstar Segment, New Low Value Customer, dan Dormant Segment. Usulan strategi pemasaran diberikan untuk jenis karakteristik masing-masing pelanggan B2B dari tiga perspektif, yaitu sudut pandang akademik, praktisi, dan peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:28
Last Modified: 29 Jul 2022 02:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62764

Actions (login required)

View Item View Item