Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS STUDI PENYAMBUNGAN PLTS ATAP 3,5 kWp TERHADAP KANDUNGAN HARMONISA GEDUNG BERDASARKAN KAPASITAS PEMBEBANAN TRANSFORMATOR

HAMZAH AL PARESHI, - (2022) ANALISIS STUDI PENYAMBUNGAN PLTS ATAP 3,5 kWp TERHADAP KANDUNGAN HARMONISA GEDUNG BERDASARKAN KAPASITAS PEMBEBANAN TRANSFORMATOR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
TA Repository.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV Repository.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap merupakan salah satu bidang pemanfaatan energi surya yang sangat diminati saat ini. Selain dari pemasangan yang praktis dan ekonomis, PLTS Atap juga dapat disambung lansung terhadap sistem jaringan kelistrikan yang gedung miliki. Disisi lain, ada kekurangan dari banyaknya manfaat yang dimiliki oleh PLTS Atap, salah satunya gangguan harmonisa yang dibawa oleh komponen inverter sebagai beban non-linier dalam kesatuan PLTS. Untuk mengurangi efek yang terjadi, maka diperlukan studi penyambungan untuk melakukan analisis awal dengan tujuan mengurangi dampak buruk akibat adanya interkoneksi PLTS Atap tersebut. Gedung laboratorium terpadu UIN Sultan Syarif Kasim-Riau terkoneksi dengan PLTS Atap berkapasitas 3,5 kWp dan inverter 5kW memiliki kapasitas optimal trafo sebesar 53,73 kVA untuk lantai 1, 54,44 kVA untuk lantai 2 dan 50,69 kVA untuk lantai 3 sedangkan pada kondisi existing sebesar 30,21 kVA untuk lantai 1, 14,56 kVA untuk lantai 2 dan 2,25 kVA untuk lantai 3. Karena keadaan gedung yang belum beroperasi sepenuhnya dan telah interkoneksi dengan PLTS Atap, maka perlu dilakukan analisis dengan studi penyambungan menggunakan bantuan ETAP 19.0.1 untuk melihat nilai kandungan harmonisa arus yang terjadi. Dari hasil simulasi pada kondisi existing, nilai kandungan harmonisa arus sebelum dan sesudah interkoneksi PLTS atap masih dalam batas aman walau terjadi lonjakan pada panel lantai 3 sebesar 2%. Pada kondisi optimal, nilai kandungan harmonisa arus sebelum dan sesudah interkoneksi PLTS atap didapatkan nilai dalam batas aman IEEE 519-2014 serta tidak ada lonjakan yang berarti akibat dari adanya interoneksi PLTS atap pada sambungan lantai 3 gedung laboratorium terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:31
Last Modified: 29 Jul 2022 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62759

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item