Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V SD DAN MI DI PEKANBARU

Chindy Ariska, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V SD DAN MI DI PEKANBARU. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada atau tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi perlakuan dengan siswa yang tidak diberi perlakuan, menganalisis ada atau tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi perlakuan dengan siswa yang tidak diberi perlakuan jika ditinjau dari sistem sekolah, dan juga menganalisis ada atau tidaknya pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan sistem sekolah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V SD/MI di Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 61 dan MIN 3 Pekanbaru, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V B sebagai kelas kontrol dari masing-masing sekolah. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji t-test, diperoleh nilai sig SDN 61 sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai sig MIN 3 sebesar 0,004 < 0,05. Maka ditarik kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol baik di SDN 61 maupun di MIN 3 Pekanbaru. Dengan melakukan uji anova dua jalur didapatkan nilai sig < 0,05, yaitu 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi perlakuan dengan siswa yang tidak diberi perlakuan jika ditinjau dari sistem sekolah. Berdasarkan uji anova dua jalur diperoleh hasil 0,996 > 0,05 sehingga dapat diartikan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan sistem sekolah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V SD/MI di Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:03
Last Modified: 29 Jul 2022 08:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62755

Actions (login required)

View Item View Item