Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN DAN UJI COBA E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI STRUKTUR ATOM

YULFANI IRAWAN ADHA, - (2022) DESAIN DAN UJI COBA E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran atau bahan ajar dalam membantu guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendisain sebuah media pembelajaran berupa E-LKPD berbasis Pendekatan SETS ((science, environment, technology and society) serta untuk mengukur tingkat kevalidan dan kepraktisan dari suatu media pembelajaran ELKPD ini. Selain itu uji coba kepada peserta didik juga dilakukan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran berupa E-LKPD berbasis Pendekatan SETS (science, environment, technology and society). Pada materi Struktur Atom Penelitian ini menggunakan metode Research and development (R&D) dengan suatu model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu (1) tahapan analisis, (2) tahapan desain, (3) tahapan pengembangan, (4) tahapan implementasi, (5) tahapan evaluasi. Uji lapangan awal dilakukan di SMAN 2 Tambang terhadap siswa kelas X MIPA yang sudah mempelajari materi struktur atom dikelas X. Hasil validasi ahli media dan ahli materi memperoleh nilai sebesar 87% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas guru diperoleh nilai sebesar 89% dengan kriteria sangat praktis, dan uji respon siswa memperoleh hasil sebesar 89% dengan kriteria sangat praktis. Kata kunci : Media Pembelajaran, E-LKPD, Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, And Society) , Struktur Atom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2022 04:26
Last Modified: 29 Jul 2022 04:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62741

Actions (login required)

View Item View Item