DRESMA ATIKA NABILA, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD-TI 030 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Dresma Atika N, (2022) : Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD-TI 030 Batu Belah Kecamatan Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual seperti yang dilakukan pada penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif . Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, rata-rata kemampuan masalah matematika siswa pada pembelajaran matematika sebelum tindakan hanya 32 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan masalah matematika siswa mencapai 45,71 dengan katergori cukup. Pada siklus II ratarata kemampuan masalah matematika siswa meningkat menjadi 71,42 dengan kategori baik. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Kontekstual dan Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 04:08 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 04:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62729 |
Actions (login required)
View Item |