Husnul Hafiz, - (2022) Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Mobile Banking Bank Syariah Indonesia (BSI) Terhadap Kepuasan Nasabah pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Uin Suska Riau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
Bab IV - Skripsi Husnul Hafiz.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
||
|
Text
Skripsi Husnul Hafiz (Tanpa Bab IV).pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Husnul Hafiz, (2022): Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Mobile Banking Bank Syariah Indonesia (BSI) Terhadap Kepuasan Nasabah pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Uin Suska Riau. Saat ini, banyak aspek kehidupan yang menggunakan aspek internet dan handphone termasuk industri perbankan. Kepuasan nasabah adalah suatu tanggapan emosional yang dirasakan oleh nasabah pada saat mereka menikmati pengalaman menggunakan produk/jasa. Kepuasan nasabah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kualitas layanan dan kualitas produk. Kualitas layanan yaitu nasabah akan merasa puas apabila mereka mendapatkan layanan yang baik atau sesuai dengan yang diharapkan. Kualitas produk yaitu nasabah akan puas apabila hasil evaluasi mereka menunjukkan bahwa produk yang mereka gunakan berkualitas. Namun teori tersebut bertentangan dengan kenyataan yang ada, dimana hasil wawancara dengan nasabah mengatakan bahwa kualitas layanan dan kualitas produk mobile banking masih kurang belum sesuai dengan harapannya namun nasabah tetap merasa puas dan menggunakan kembali mobile banking tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas layanan dan kualitas produk Mobile banking Bank Syariah Indonesia (BSI) berpengaruh terhadap kepuasan pada mahasiswa serta mengetahui tinjauan perspekif ekonomi islam. Guna sebagai contoh untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan produk perbankan. Penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi Software IBM SPSS 26. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Uin Suska Riau Angkatan 2018 sampai 2021 dengan jumlah 885 mahasiswa, dengan menggunakan teknik sampel Purposive sampling dan juga rumus Slovin maka didapatkan jumlah sampel sebanyak 90 mahasiswa sebagai responden peneliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kualitas layanan Mobile banking BSI berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada mahasiswa dibuktikan dengan signifikan 0,003 lebih kecil dari 0,05 maka H 0 ditolak dan H a diterima. (2) kualitas produk Mobile banking BSI berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada mahasiswa dibuktikan dengan signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 H 0 ditolak dan H a diterima. (3) kualitas layanan dan pemanfaatan teknologi Mobile banking BSI berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada mahasiswa dibuktikan dengan signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 H 0 ditolak dan H a diterima. Hal ini juga dapat diketahui dari nilai R Square yaitu 0,539. Artinya kualitas layanan dan kualitas produk Mobile banking BSI memiliki pengaruh yang cukup terhadap kepuasan nasabah pada mahasiswa dengan nilai kontribusi 53,9%. Dalam perspektif ekonomi islam kualitas layanan dan juga kualitas produk yang diberikan sudah sesuai dengan ajaran syariat islam. Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Kepuasan Nasabah, Ekonomi Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 04:23 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 04:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62721 |
Actions (login required)
View Item |