Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENDEKATAN ISU SOSIOSAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS

AVILLA FRISMEN, - (2022) PENGARUH PENDEKATAN ISU SOSIOSAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada abad 21 diperlukan keterampilan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang layak serta berkualitas untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Kemampuan argumentasi menjadi salah satu sarana mengembangkan keterampilan abad 21, namun kemampuan argumentasi peserta didik masih lemah dalam menyertakan bukti dan dukungan terhadap klaim yang diajukan oleh peserta didik. Pembelajaran dengan isu sosiosaintifik diharapkan dapat meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan isu sosiosaintifik terhadap kemampuan argumentasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Tapung dengan menggunakan desain quasi-experiment (non equivalent control group design) yaitu penelitian semu yang dilaksanakan menggunakan seluruh subjek dalam kelompok belajar untuk diberi perlakuan dan bukan menggunakan subjek yang diambil secara acak dengan menggunakan pretest dan postest. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Tapung, sedangkan sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang diambil secara Random Sampling sehingga dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes uraian dengan pengolahan data menggunakan uji t dan uji Kp. Untuk uji t diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh berupa peningkatan kemampuan argumentasi siswa menggunakan pendekatan isu sosiosaintifik pada materi reaksi redoks dengan koefisien pengaruh sebesar 13,69 %. Kata Kunci: Pengaruh, Isu Sosiosaintifik, Argumentasi, Reaksi Redoks

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:27
Last Modified: 29 Jul 2022 03:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62715

Actions (login required)

View Item View Item