NURFATMA SARI, - (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Download (33MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis model Project Based Learning (PjBL) yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif serta dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa pada materi statistika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP Negeri 2 Kuala Indragiri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kuala Indragiri tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuala Indragiri, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika. Objek penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika berbasis model Project Based Learning (PjBL) pada materi statistika berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan tes Penilaian Hasil Belajar (PHB). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, Silabus yang dikembangkan termasuk kriteria sangat valid (94,07%), RPP yang dikembangkan termasuk kriteria sangat valid (93,33%), Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan termasuk kriteria sangat valid (91,51%), dan soal PHB yang dikembangkan termasuk kriteria sangat valid (89,23%). Hasil uji praktikalitas kelompok kecil dengan jumlah responden 7 orang siswa diperoleh bahwa LKS berbasis model Project Based Learning (PjBL) pada materi statistika termasuk kriteria sangat praktis dengan persentase 89,52% dan uji praktikalitas kelompok terbatas dengan jumlah responden 16 orang siswa termasuk pada kriteria sangat praktis dengan persentase 89,88%. Sedangkan nilai
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 03:01 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 03:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62699 |
Actions (login required)
View Item |